Kompas.com - 14/01/2016, 22:06 WIB
|
EditorFarid Assifa
HARARE, KOMPAS.com - Pemerintah Zimbabwa membantah berita yang beredar bahwa Presiden Robert Mugabe pingsan dan wafat di Singapura.

“Presiden dalam kondisi sehat," demikian judul halaman depan harian Herald yang dikontrol pemerintah pasca-beredarnya berita burung itu, Kamis (14/1/2016).

“Ini seperti ritual tahunan setiap kali presiden berkunjung ke luar negeri, selalu saja ada berita wafatnya presiden setiap bulan Januari,” ucap juru bicara kepresidenan George Charamba.

Charamba mengkritik sebuah situs web berita bernama ZimEye yang menurutnya telah menyebarkan berita hoax ini.

“Ini cara-cara yang mereka pakai untuk meningkatkan jumlah pembaca dan menambatkan tambahan pemasukan 'uang kotor'," kecamnya.

Mugabe (91) dipastikan sedang berada di luar negeri, tetapi keberadaannya tidak diberitahukan secara jelas.

Sosok yang sudah berkuasa 36 tahun ini sering mengunjungi Singapura untuk memeriksakan kesehatannya.

Dia juga pernah terbang ke negeri Singa tahun lalu untuk menghadiri wisuda putrinya yang berkuliah di Singapura.

Rumor mengenai kesehatan Mugabe merupakan isu yang sensitif di Zimbabwe. Pada usianya yang sudah sangat senja itu, Mugabe rutin tampil di publik memberikan pidato.

Namun, kesehatannya mulai diragukan ketika dia terjatuh ketika tampil di depan televisi tahun lalu.

Bulan September tahun lalu, Mugabe juga membacakan pidato yang sebelumnya sudah pernah disampaikannya di parlemen, memicu pertanyaan apakah dia masih mampu memimpin negara yang dilanda krisis ekonomi parah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.