Kompas.com - 12/01/2016, 21:11 WIB
|
EditorFarid Assifa
BERLIN, KOMPAS.com - Kanselir Jerman Angela Merkel mengeluarkan pernyataan pertama pasca-bom bunuh diri yang mengguncang Istanbul, Selasa pagi (12/1/2016) waktu setempat.

“Kita sangat cemas bahwa warga Jerman adalah salah satu yang tewas dalam serangan itu,” ucap Merkel dalam konferensi pers.

“Terorisme internasional telah menunjukkan wajahnya yang buruk,” lanjut Merkel.

Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier menambahkan, untuk saat ini hampir dipastikan kita harus mengakui warga Jerman ikut masuk daftar korban luka-luka serangan yang sejauh ini telah menewaskan 10 orang dan melukai 15 lainnya.

Senada dengan Merkel, Menlu Frank mengatakan tidak menutup kemungkinan warganya ikut menjadi korban tewas.

Deputi Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus mengutarakan, kebanyakan korban adalah turis asing yang sedang berada di kawasan wisata padat Sultanahmet itu.

Laporan tidak resmi menyatakan bahwa 6 warga Jerman, seorang warga Norwegia, dan seorang warga Peru adalah sekian dari yang mengalami luka-luka.

Sejauh ini, pemerintah Turki mengidentifikasi melalui potongan tubuh bahwa pelaku serangan bom bunuh diri adalah seorang berkebangsaan Suriah yang berusia 28 tahun.

Pemimpin-pemimpin Eropa sendiri mengecam aksi teror ini. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg melalui akun Twitter-nya mengecam keras serangan itu, dan menegaskan seluruh anggota NATO berdiri bersama dengan Turki menghadapi peristiwa berdarah ini.

Presiden European Council, Donald Tusk, ikut mengutuk dan menyampaikan belasungkawa terhadap korban.

Menteri Luar Negeri Inggris Philip Hammond menyampaikan rasa terkejutnya atas aksi kekerasan ini. Hammond belum dapat memastikan apakah ada warga negaranya yang ikut menjadi korban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.