Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Putih Bantah Abaikan Raja Jordania

Kompas.com - 12/01/2016, 11:03 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Gedung Putih, Senin (11/1/2016), mengatakan, Presiden Barack Obama tidak akan bertemu dengan Raja Abdullah dari Jordania, yang saat ini berada di Washington, karena masalah jadwal. Raja Abdulah merupakan sekutu dekat Gedung Putih di Timur Tengah.

"Presiden menyesal bahwa ia tidak dapat bertemu dengannya (Abdullah) secara pribadi pada kunjungan ini karena jadwal yang bertabrakan, termasuk pidato tahunan di depan Kongres (State of the Union)," kata juru bicara Gedung Putih.

Hari Selasa, Obama akan menyampaikan pidato tahunan terakhirnya kepada sidang gabungan Kongres, sebuah pidato resmi dalam kalender politik AS.

Gedung Putih dan sejumlah pejabat Jordania mengatakan, sebagai gantinya Abdullah akan bertemu dengan Wakil Presiden Joe Biden pada hari Selasa.

Abdullah bertemu dengan Menteri Pertahanan Ash Carter dan Menteri Luar Negeri John Kerry hari Senin. Kerry dan Abdullah membahas perang melawan kelompok teroris Negara Islam atau ISIS dan "upaya untuk menghidupkan kembali perundingan perdamaian Israel-Palestina". Demikian kata seorang diplomat.

Abdullah juga bertemu Menteri Pertahanan Ash Carter. Carter pada pertemuan itu mengungkapkan "apresiasi yang mendalam... atas kontribusi Jordania bagi upaya kontra-ISIS di kawasan. Demikian kata juru bicara Pentagon, Peter Cook.

Pejabat Gedung Putih mengatakan, Obama berharap akan ada kesempatan untuk bertemu dengan Yang Mulia dalam waktu dekat.

Obama dan Abdullah terakhir kali bertemu di Washington hampir setahun yang lalu. Sejak itu, perang melawan ISIS telah meningkat dan upaya untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina terbengkalai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com