Kompas.com - 12/01/2016, 11:03 WIB
EditorEgidius Patnistik
WASHINGTON, KOMPAS.com — Gedung Putih, Senin (11/1/2016), mengatakan, Presiden Barack Obama tidak akan bertemu dengan Raja Abdullah dari Jordania, yang saat ini berada di Washington, karena masalah jadwal. Raja Abdulah merupakan sekutu dekat Gedung Putih di Timur Tengah.

"Presiden menyesal bahwa ia tidak dapat bertemu dengannya (Abdullah) secara pribadi pada kunjungan ini karena jadwal yang bertabrakan, termasuk pidato tahunan di depan Kongres (State of the Union)," kata juru bicara Gedung Putih.

Hari Selasa, Obama akan menyampaikan pidato tahunan terakhirnya kepada sidang gabungan Kongres, sebuah pidato resmi dalam kalender politik AS.

Gedung Putih dan sejumlah pejabat Jordania mengatakan, sebagai gantinya Abdullah akan bertemu dengan Wakil Presiden Joe Biden pada hari Selasa.

Abdullah bertemu dengan Menteri Pertahanan Ash Carter dan Menteri Luar Negeri John Kerry hari Senin. Kerry dan Abdullah membahas perang melawan kelompok teroris Negara Islam atau ISIS dan "upaya untuk menghidupkan kembali perundingan perdamaian Israel-Palestina". Demikian kata seorang diplomat.

Abdullah juga bertemu Menteri Pertahanan Ash Carter. Carter pada pertemuan itu mengungkapkan "apresiasi yang mendalam... atas kontribusi Jordania bagi upaya kontra-ISIS di kawasan. Demikian kata juru bicara Pentagon, Peter Cook.

Pejabat Gedung Putih mengatakan, Obama berharap akan ada kesempatan untuk bertemu dengan Yang Mulia dalam waktu dekat.

Obama dan Abdullah terakhir kali bertemu di Washington hampir setahun yang lalu. Sejak itu, perang melawan ISIS telah meningkat dan upaya untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina terbengkalai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.