Kompas.com - 06/01/2016, 19:08 WIB
EditorErvan Hardoko
DAMASKUS, KOMPAS.com - Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menghukum mati seorang jurnalis perempuan yang menulis soal kehidupan sehari-hari di kota Raqqa, Suriah yang diduduki kelompok militan itu.

ISIS menuduh Ruqia Hassan (30), sang jurnalis, sebagai seorang mata-mata. Demikian disampaikan sejumlah aktivis Suriah.

Ruqia, sebenarnya telah dieksekusi pada September tahun lalu. Namun, kabar kematiannya baru diketahui pekan ini setelah ISIS mengklaim Ruqia masih hidup.

Dikenal dengan nama pena Nissan Ibrahim, Ruqia menulis kisah hidup sehari-hari warga kota Raqqa, yang diklaim ISIS sebagai ibu kota kekalifahan yang mereka deklarasikan.

Tulisan-tulisan Ruqia kemudian diunggah ke media sosial dan menjadi sumber informasi untuk banyak pihak tentang kondisi kota yang kerap diserang pasukan udara koalisi.

Ruqia sempat belajar filosofi di Universitas Aleppo dan kemudian bergabung dengan kelompok oposisi penentang Presiden Bashar al-Assad.

Ruqia menolak meninggalkan kota Raqqa meski kemudian kota tersebut jatuh ke tangan ISIS.

Perempuan hidup dalam tahanan setelah ditangkap ISIS pada Agustus tahun lalu. Dia dituduh sebagai mata-mata "sahawat", istilah ISIS untuk menyebut Tentara Pembebasan Suriah (FSA).

Kelompok aktivis Suriah mengatakan, Ruqia bukan satu-satunya jurnalis perempuan yang dibunuh ISIS di Suriah.

Pada Desember, ISIS juga mengeksekusi Naji Jerf, pemimpin redaksi majalah independen bulanan Hentah.

Naji juga anggota kelompok aktivis yang mendokumentasikan pelanggaran HAM yang dilakukan ISIS di kota Raqqa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.