Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Saudi dan Bahrain, Sudan Putus Hubungan dengan Iran

Kompas.com - 05/01/2016, 03:50 WIB

KHARTOUM, KOMPAS.com - Hubungan Iran dan negara-negara Timur Tengah semakin renggang setelah terjadi ketegangan dengan Arab Saudi. Setelah Saudi dan Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran, kini Sudan menyusul menghentikan relasi dengan negara tersebut.

"Pemerintah Sudan mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Republik Islam Iran secepat mungkin," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Sudan, Senin (4/1/2016).

Keputusan itu diambil di tengah meningkatnya ketegangan antara Arab Saudi dan Iran akibat penyerangan secara brutal terhadap Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi di Teheran. Sudan menganggap tindakan tersebut melanggar hukum internasional.

Ketegangan hubungan antara Iran dan Saudi beserta negara pendukungnya muncul setelah pemerintah Saudi mengeksekusi mati seorang ulama Syiah, Sheikh Nimr al-Nimr, pada Sabtu pekan lalu.

Rakyat dan pemerintah Iran memprotes keras tindakan Saudi tersebut hingga terjadi penyerangan di kedutaan Saudi di Teheran pada Minggu dini hari.

Merespons hal tersebut, pemerintah Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik Iran pada hari itu juga. Langkah ini diikuti pula oleh Bahrain sehari kemudian.

Negara-negara lain yang mendukung Arab Saudi juga meninjau kembali hubungan mereka dengan Iran. Unit Emirat Arab telah menurunkan hubungannya dengan negara tersebut. Adapun Kuwait mendukung tindakan Saudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com