Kompas.com - 04/01/2016, 22:00 WIB
|
EditorBayu Galih

MISSISSIPPI, KOMPAS.com - Pengusaha kontroversial yang juga kandidat Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kembali mengeluarkan pernyataan mengejutkan.

Berbicara di Mississippi, akhir pekan lalu, konglomerat bidang properti itu menyebut Presiden AS Barack Obama dan mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton sebagai sosok yang telah “menciptakan” Negara Islam atau ISIS.

Namun, Trump tidak menjelaskan lebih jauh bagaimana dan apa bukti kedua politisi itu berperan dalam lahirnya kelompok teror itu.

"Mereka menciptakan ISIS. Hillary Clinton dan Obama mengakibatkan kemunculan ISIS,” ucap Trump, dilansir dari CNN, Senin (4/1/2015).

Tudingan terhadap Hillary ini dilancarkan Trump di tengah persaingan menjelang pemilihan presiden AS.

Hillary merupakan salah satu kandidat terkuat dari Partai Demokrat. Sedangkan Trump menjadi kandidat melalui proses pemilihan di Partai Republik.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan yang sama, pebisnis berusia 68 ini juga menyinggung mengenai ketegangan hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Iran.

"Lihat! Di Teheran, mereka membakar Kedutaan Besar Saudi, sekarang yang ada Iran ingin mengambil kontrol dari Saudi. Mereka selalu menginginkannya, mereka menginginkan minyak Saudi," ucap Trump.

Tidak hanya menyebut Obama dan Hillary, Trump juga menuding mantan Presiden George W Bush sebagai biang-kerok atas kekacauan di Timur Tengah saat ini.

Trump pun mengecam keputusan Bush untuk melancarkan Perang Irak di tahun 2003 silam.

Lihat tudingan Trump dalam video di bawah ini:

Kompas TV Trump Sebut Obama dan Clinton Pencipta ISIS
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.