Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Iran

Kompas.com - 04/01/2016, 04:31 WIB

RIYADH, KOMPAS.com — Pemerintah Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran setelah penyerbuan terjadi terhadap Kedutaan Saudi di Teheran, Minggu (3/1/2016).

Dalam jumpa pers, Minggu, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan bahwa misi diplomatik Iran dan entitas terkait di Arab Saudi diberi waktu 48 jam untuk meninggalkan negara tersebut. Dia mengatakan, Riyadh tidak akan membiarkan Iran merusak keamanan Saudi.

"Kerajaan Arab, dengan melihat kenyataan ini, mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Iran, serta meminta kepergian delegasi misi diplomatik dari kedutaan, konsulat, dan kantor yang berhubungan dengan itu dalam waktu 48 jam. Duta besar telah dipanggil untuk memberi tahu mereka," katanya.

Hubungan diplomatik kedua negara memburuk setelah Saudi mengeksekusi seorang ulama Syiah terkemuka pada Sabtu pekan lalu.

Iran mengecam pelaksanaan hukuman mati terhadap Sheikh Nimr al-Nimr dan 46 terpidana lain tersebut.

Para demonstran di Iran menyerbu Kedutaan Arab Saudi di Teheran pada Minggu. Pemimpin agung Syiah Muslim Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menyebutkan, politisi Arab Saudi akan mendapat "pembalasan Ilahi" atas eksekusi terhadap Nimr.

Jubeir mengatakan, serangan di Teheran tersebut berhubungan dengan hal yang dia katakan mengenai serangan Iran sebelumnya terhadap kedutaan asing di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com