Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai 1 Januari 2016, India Uji Coba Pengaturan Pelat Mobil Ganjil Genap

Kompas.com - 01/01/2016, 20:45 WIB

India memulai eksperimen pengaturan pelat nomor ganjil dan genap mulai 1 Januari 2016 di ibu kota New Delhi.

Aturan ini dirancang untuk mengurangi arus kendaraan yang lalu lalang di jalanan sehingga kemacetan serta polusi udara dapat dikurangi.

Mulai Jumat (1/1/2016), mobil dengan nomor pelat ganjil akan diizinkan di jalan-jalan New Delhi pada hari tanggal ganjil. Mobil yang bernomor pelat genap akan dizinkan pada hari tanggal genap.

Percobaan itu belum akan berlaku selamanya, namun hanya selama dua minggu hingga berakhir tanggal 15 Januari 2016 mendatang.

Para pengendara tampaknya mematuhi peraturan itu hari ini.

Namun, kaum skeptis mengatakan karena sekolah-sekolah dan sebagian kantor tutup hari libur tahun baru, jadi masih belum pasti apakah sesungguhnya apakah pengendara akan mematuhi peraturan itu nanti.

"Gagasan ini hanya akan berhasil sesudah menjadi gerakan yang sangat besar, ketika orang ingin mematuhinya dari dalam hati mereka," kata Gubernur Arvind Kejriwal.

Ia juga berjanji bersama para menterinya akan naik mobil bersama-sama sehingga mengurangi jumlah kendaraan di jalanan.

Sejumlah kekecualian sudah diberlakukan untuk peraturan nomor ganjil-genap itu, antara lain sopir wanita dan orang yang mengendarai sepeda motor.

Survei tahun 2014 Organisasi Kesehatan Dunia menyebut New Delhi sebagai kota yang udaranya paling kotor, sebagian karena jutaan kendaraan memacetkan jalan-jalan kota itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com