Kompas.com - 29/12/2015, 14:45 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com - Seorang diplomat Korea Utara (Korut) telah diusir dari Afrika Selatan (Afsel) karena terlibat perdagangan cula badak. Juru bicara Departemen Hubungan Internasional Afrika Selatan mengungkapkan hal tersebut, sebagaimana dilaporkan BBC.

Masih menurut BBC, sang diplomat ditangkap di Mozambique pada Mei lalu. Media lokal menyebutkan, diplomat itu bernama Park Chol-jun.

Pejabat kedutaan Korea utara menyatakan ia telah dipulangkan pada 11 Desember lalu.

Cula badak dihargai tinggi di pasar gelap Asia. Cula satwa itu diyakini  memiliki kekuatan untuk menyembuhkan sejumlah penyakit.

BBC, yang mengutip News 24 Afrika Selatan, melaporkan, saat ditangkap, diplomat itu mengemudikan sebuah mobil bernomor registrasi Afrika Selatan. Di dalam mobil itu terdapat 4,5 kilogram cula badak dan uang senilai 99.300 dollar AS.

Masih menurut News 24, polisi di Mozambique melepaskan Park dengan uang jaminan sebesar 30.000 dollar sebelum membiarkannya kembali ke Afrika Selatan. Ia diberi waktu satu bulan untuk meninggalkan negara itu pada bulan November.

Bukan kali ini saja diplomat Korut mencoba untuk membeli, menjual atau menyelundupkan barang-barang secara ilegal. Seorang perwakilan Korut diusir dari Banglades pada Maret lalu karena menyelundupkan emas.

Beberapa diplomat Vietnam juga tertangkap saat membeli, menyelundupkan ataupun menerima cula badak di Afrika Selatan beberapa tahun terakhir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber bbc.co.uk


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.