Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tornado Terjang Dallas, Tewaskan 11 Orang

Kompas.com - 28/12/2015, 03:26 WIB
DALLAS, KOMPAS.com — Badai tornado menerjang wilayah Dallas, AS, disertai hujan deras pada akhir pekan ini sehingga menyebabkan kerusakan masif dan menewaskan sekurang-kurangnya 11 warga.

Tornado merobohkan rumah, memutus aliran listrik, dan mengacaukan lalu lintas warga yang kembali dari liburan Natal.

Wilayah yang terdampak paling parah adalah Garland, timur laut Dallas. Di sana, delapan orang tewas, mobil terbakar di jalan tol, dan rumah rata dengan tanah.

Tiga korban tewas lain ditemukan di jaringan kereta api bawah tanah Dallas, wilayah keempat dengan penduduk terbanyak di AS, yang dihuni sekitar tujuh juta orang.

"Itu kehancuran total," kata juru bicara kepolisian Garland, Letnan Pedro Barineau. "Keadaannya sulit bagi yang terkena badai mengerikan seusai Natal," kata dia.

Diyakini, lima korban di Garland tewas setelah kendaraan yang ditumpangi tersambar tornado di Jalan Tol (State Highway) 190 dan Jalan Antarnegara Bagian (Interstate) 30.

Lebih dari 600 bangunan di Texas Utara rusak akibat tornado dan badai tersebut.

Layanan Cuaca Nasional melaporkan, enam tornado muncul di Texas, dan satu lainnya di Oklahoma pada Sabtu.

Badan tersebut telah mengeluarkan peringatan cuaca buruk di sebagian besar wilayah AS tengah pada Minggu, termasuk peringatan badai salju di New Mexico, Texas, Oklahoma, dan Kansas, serta ancaman banjir bandang sepanjang Texas hingga Ohio.

Sekitar 400 penerbangan di AS dibatalkan sepanjang Minggu. Lebih dari setengah penerbangan yang dibatalkan adalah di Dallas, yang merupakan pusat kegiatan penerbangan di AS.

Rangkaian tornado pada akhir pekan terjadi setelah tornado sebelum liburan Natal di AS Selatan yang menewaskan sedikitnya 17 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com