Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Melihat Pesawat Berasap dan Mendengar Suara Ledakan

Kompas.com - 20/12/2015, 11:14 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sebuah pesawat diduga mengalami kecelakaan saat melakukan akrobat dalam rangka Gebyar Dirgantara 2015 di Lapangan Udara (Lanud) Adisutjipto, Yogyakarta.

Saat mengudara, warga melihat pesawat dalam kondisi berasap, dan setelah itu mendengar suara ledakan.

"Saya tadi di dalam sama anak, suami juga. Ingin melihat airshow," kata Wina, warga Sleman, saat ditemui Kompas.com di gerbang utara Lanud AU Adisutjipto, Yogyakarta, Minggu (20/12/2015).

Wina menyampaikan, saat baru duduk sekitar 10 menit, ada satu pesawat melintas, tetapi tampak berasap. Setelah itu, pesawat itu terlihat turun dan langsung terdengar suara ledakan.

"Baru 10 menit duduk, Mas. Pesawat itu berasap dan oleng gitu. Setelah itu, pesawat enggak kelihatan, dan ada suara ledakan keras," ujarnya.

Menurut dia, seusai kejadian itu, semua pengunjung Gebyar Dirgantara yang berada di area lapangan udara langsung diminta keluar oleh petugas. Gerbang yang tadinya dibuka kemudian ditutup.

"Saya enggak tahu jenis pesawatnya, tetapi setelah kejadian semua diminta keluar. Gerbang langsung ditutup," katanya.

Sementara itu, warga lainnya, Henry, menambahkan, dia melihat dari dalam mobil saat di jalan lingkar (ringroad) bahwa pesawat tidak stabil, bahkan tampak berasap.

"Saya lihat asapnya dan enggak stabil. Jatuhnya di mana, saya tidak tahu," pungkasnya.

Sampai berita ini diturunkan, Kompas.com mencari pernyataan resmi dari penyelenggara Gebyar Dirgantara mengenai penyebab jatuhnya pesawat, termasuk kepastian soal korban jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com