Kompas.com - 19/12/2015, 21:26 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com - China menuduh Amerika Serikat melakukan "provokasi militer yang serius" dengan menerbangkan dua pesawat pengebom B-52 dekat pulau yang diakui Beijing sebagai wilayah mereka di Laut China Selatan.

Pernyataan dari kementerian pertahanan China menyatakan dua pesawat pengebom B-52 memasuki wilayah udara kepulauan Spratly.

"Tindakan ini merupakan provokasi militer yang serius yang membuat masalah di Laut China Selatan bertambah rumit, dan menyumbang pada militerisasi wilayah ini," kata kementerian pertahanan China di situs web mereka.

Beberapa kali Amerika mengirim kapal mendekat ke wilayah tersebut sebagai bagian dari operasi "Kebebasan Navigasi".

Namun penerbangan pesawat pengebom ini, seperti dikatakan juru bicara Pentagon Bill Urban, bukan merupakan bagian dari operasi tersebut, seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

Menurut Pentagon, satu dari dua pesawat tersesat ke wilayah yang disengketakan akibat cuaca yang buruk.

Wilayah kaya sumber daya alam di Laut China Selatan ini menjadi sumber sengketa antara China dengan beberapa negara di Asia Tenggara yaitu Vietnam, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Brunei.

China yang membangun pulau buatan di wilayah itu, mendapat protes dari Amerika Serikat yang mengatakan pulau itu mengganggu prinsip kebebasan navigasi di sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.