Kompas.com - 19/12/2015, 08:15 WIB
EditorCaroline Damanik
MOSKWA, KOMPAS.com — Kotak hitam pesawat jet Su-24 milik Rusia yang ditembak Turki bulan lalu secara resmi dipamerkan di hadapan wartawan dan diplomat di Moskwa, Jumat (18/12/2015).

Namun, Nikolai Primak, Kepala Tim Penyelidik, mengatakan, informasi penerbangan telah hilang karena memory card yang ada di dalam rekaman di dalam kotak hitam rusak.

Padahal, data dari kotak itu bisa membantu menyelesaikan sengketa mengenai lokasi pesawat tersebut pada saat ditembak. Analisis terhadap kotak hitam diharapkan untuk diedarkan pekan depan.

Penembakan pesawat jet itu menyebabkan krisis hubungan antara Rusia dan Turki. Pemerintah Rusia langsung menetapkan sanksi sebagai balasan.

Turki bersikeras bahwa pesawat Rusia mengabaikan peringatan untuk meninggalkan wilayah udara mereka, sedangkan Rusia menyatakan sudah memberi tahu rute penerbangan kepada Amerika Serikat yang merupakan sekutu Turki.

Kedua negara terlibat dalam konflik di Suriah, tetapi dalam posisi yang berbeda sekalipun keduanya mengaku melawan kelompok yang menamakan diri Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS.

Rusia menuntut agar Turki meminta maaf dan sementara ini memberi sanksi kepada Turki termasuk melarang paket wisata yang dapat menyebabkan Turki merugi jutaan dollar Amerika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.