Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotak Hitam Pesawat Rusia yang Ditembak Turki Rusak

Kompas.com - 19/12/2015, 08:15 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Kotak hitam pesawat jet Su-24 milik Rusia yang ditembak Turki bulan lalu secara resmi dipamerkan di hadapan wartawan dan diplomat di Moskwa, Jumat (18/12/2015).

Namun, Nikolai Primak, Kepala Tim Penyelidik, mengatakan, informasi penerbangan telah hilang karena memory card yang ada di dalam rekaman di dalam kotak hitam rusak.

Padahal, data dari kotak itu bisa membantu menyelesaikan sengketa mengenai lokasi pesawat tersebut pada saat ditembak. Analisis terhadap kotak hitam diharapkan untuk diedarkan pekan depan.

Penembakan pesawat jet itu menyebabkan krisis hubungan antara Rusia dan Turki. Pemerintah Rusia langsung menetapkan sanksi sebagai balasan.

Turki bersikeras bahwa pesawat Rusia mengabaikan peringatan untuk meninggalkan wilayah udara mereka, sedangkan Rusia menyatakan sudah memberi tahu rute penerbangan kepada Amerika Serikat yang merupakan sekutu Turki.

Kedua negara terlibat dalam konflik di Suriah, tetapi dalam posisi yang berbeda sekalipun keduanya mengaku melawan kelompok yang menamakan diri Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS.

Rusia menuntut agar Turki meminta maaf dan sementara ini memberi sanksi kepada Turki termasuk melarang paket wisata yang dapat menyebabkan Turki merugi jutaan dollar Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com