Kompas.com - 18/12/2015, 20:37 WIB
EditorFarid Assifa
MELBOURNE, KOMPAS.com - Seorang pejabat keamanan di bandara Melbourne akhirnya dipecat karena Menteri Luar Negeri Julie Bishop diperiksa ketika memasuki bandara.

Insiden itu terjadi pada Bulan September, ketika Bishop mau melakukan perjalanan ke Amerika Serikat, seperti dilaporkan wartawan BBC, Jon Donnison dari Sydney.

Saat itu, Bishop akan menghadiri Sidang Majelis Umum PBB di New York dan diminta menyingkir setelah melewati gerbang pemeriksaan untuk diperiksa secara manual dengan tangan.

Kementrian Luar Negeri menegaskan tidak menyampaikan keluhan atas insiden tersebut namun Wakil Menteri Luar Negeri, Waren Truss, meminta pihak bandara menyelidikinya.

Petugas perempuan yang melakukan pemeriksaan sempat diberhentikan untuk sementara sebelum dipekerjakan kembali.

Akan tetapi pejabat yang lebih tinggi, yang meminta agar dilakukan pemeriksaan tambahan atas Bishop, sudah dipecat.

Pihak bandara mengatakan dia dipecat karena menilai pemeriksaan tambahan itu tidak dilakukan secara acak, yang berarti ada kemungkinan Bishop memang "sengaja" dipilih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.