Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rudal Penjelajah Rusia "Tersesat" dan Menghantam Apartemen

Kompas.com - 16/12/2015, 09:36 WIB
KOMPAS.com — Rudal penjelajah Rusia "tersesat dalam uji coba" dan mendarat di sebuah desa di Rusia timur laut. Peristiwa itu tidak sampai menimbulkan korban. Demikian kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, rudal penjelajah tidak menimbulkan kerusakan ketika jatuh di dekat desa Nyonoksa.

Nyonoksa berada di dekat Laut Putih, 40 km dari pangkalan Laut Severodvinsk. Lapangan uji coba peluncuran milik Kementerian Pertahanan terletak di dekat desa itu.

Meskipun pihak berwenang mengklaim tidak terjadi kerusakan, media setempat merilis foto-foto kerusakan yang terjadi di apartemen.

Di gedung bertingkat tiga itu, juga terjadi kebakaran, tetapi para penghuni bisa dievakuasi. Empat apartemen dan atap gedung mengalami kerusakan.

Tim penyelidik militer sudah diterjunkan ke lokasi untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi setelah rudal penjelajah tersesat dan mendarat di desa pada Selasa (15/12/2015) tengah hari waktu Moskwa.

Selama ini, Rusia menembakkan rudal penjelajah dari Laut Kaspia ke sasaran-sasaran di Suriah. Rusia membantu Pemerintah Suriah untuk memerangi pemberontak di negara itu.

Ketika kapal perang Rusia kali pertama melancarkan serangan dari Laut Kaspia bulan Oktober lalu, empat rudal, menurut para pejabat Amerika Serikat, melenceng dari sasaran di Suriah dan mendarat di Iran.

Tidak ada konfirmasi independen atas peristiwa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com