Kompas.com - 14/12/2015, 19:59 WIB
|
EditorFarid Assifa
KAIRO, KOMPAS.com - Investigator Mesir merilis pernyataan bahwa tidak ada bukti serangan terorisme berperan dalam kecelakaan pesawat maskapai Rusia Kogalymavia 9268 yang jatuh di Pegunungan Sinai, 31 Oktober lalu.

“Tidak ada bukti serangan teror atau intervensi ilegal,” kata Ayman al-Muqaddim, Ketua Badan Investigasi Kecelakaan Pesawat dikutip BBC, Senin (14/12/2015).

Pernyataan ini bertolak belakang dengan investigasi Rusia yang menyatakan bahwa bom yang ditanam di dalam pesawat nahas tersebut sebagai penyebab terjadinya kecelakaan yang menewaskan seluruh 224 awak penumpang dan pesawat.

Kelompok militan Negara Islam (ISIS) juga mengeluarkan pernyataan bahwa mereka bertanggung jawab dalam kecelakaan itu.

Bahkan ISIS merilis foto yang diklaim sebagai bom yang meledakkan pesawat yang bertolak dari Sharm El-Sheikh menuju ke St Petersburg itu.

Sejauh ini, Rusia belum menanggapi pernyataan Mesir yang kelihatannya akan menimbulkan skeptisme, terutama di antara negara-negara Barat.

Kecelakaan itu memukul berat industri pariwisata Mesir terutama di Sharm El-Sheikh, resor wisata yang populer di kalangan warga Eropa terutama Rusia.

Menteri Pariwisata Mesir menyatakan awal bulan ini penerimaan devisa dari sektor pariwisata diperkirakan anjlok 10 persen dibandingkan tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber BBC.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.