Kompas.com - 14/12/2015, 17:50 WIB
EditorFarid Assifa
BEIRUT, KOMPAS.com — Sebuah pohon Natal besar yang dibuat oleh perancang fashion Lebanon, Elie Saab, didirikan di depan Masjid Al-Amin, Beirut, untuk memperingati hari Natal, 25 Desember mendatang.

Pada Jumat (11/12/2015) digelar perayaan kembang api di kompleks tersebut, menandai dimulainya Festival Natal 2015.

Beirut memang dikenal sebagai kota yang memiliki penduduk dengan kepercayaan beragam di Timur Tengah. Dua yang paling dominan adalah umat Islam dan Kristen.

Walaupun wilayahnya kecil, negara ini tidak bebas konflik karena berbatasan dengan Suriah dan Israel.

Di Facebook BBC Indonesia, pohon Natal di depan masjid ini banyak menuai pujian. "Indahnya rasa saling menghargai," kata satu pengguna. Lainnya mengatakan, "Wow, indah sekali, kalau di Indonesia seperti ini pasti aman (dan) nyaman."

Walau begitu, foto-foto ini juga menuai perdebatan tentang batas toleransi. Ada yang mengatakan tidak setuju dengan konsep itu, tetapi banyak juga yang mendukungnya.

Sementara itu, Yulia Endang, pembaca BBC Indonesia, tidak ambil pusing, "Istiqlal juga dekat dengan gereja, no problemo, ibadah kan masing-masing."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.