Kompas.com - 09/12/2015, 07:03 WIB
EditorEgidius Patnistik
WASHINGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat telah mengerahkan pesawat pengintai P-8 Poseidon-nya ke Singapura untuk pertama kalinya.

Ini merupakan tindakan terbaru dalam serangkaian aksi militer AS yang dipandang sebagai tanggapan terhadap makin meningkatnya klaim China atas wilayah di Laut China Selatan.

AS menyatakan mereka juga menempatkan kapal pengintai militer di pangkalan udara Paya Lebar, Singapura.

P-8 AS sudah beroperasi dari Jepang dan Filipina, pesawat-pesawat pengintai tersebut sudah terbang dari Malaysia.

P-8 dikerahkan pada hari Senin (7/12/2015) dan akan menetap di Singapura sampai 14 Desember.

Di samping dikerahkannya P-8, AS mengatakan akan mengoperasikan pesawat militer, entah apakah pesawat P-8 Poseidon atau P-3 Orion, dari Singapura untuk beberapa saat di masa depan, dengan mengganti pesawat setiap kuartal sekali.

Kesepakatan AS-Singapura ini, yang diumumkan setelah adanya pertemuan di Washington antara Menteri Pertahanan AS Ash Carter dan Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen, juga mencakup kerja sama dalam pemberantasan terorisme, pemberantasan pembajakan dan pertolongan dalam bencana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.