Kompas.com - 02/12/2015, 09:59 WIB
|
EditorEgidius Patnistik
PARIS, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyerukan persatuan menghadapi kelompok Negara Islam atau ISIS di tengah ketegangan hubungan diplomatik antara Rusia dan Turki.

Ketika berbicara di sela-sela Konferensi Perubahan Iklim di Paris, Selasa (1/12/2015), Obama menyatakan dia telah bertemu dengan pemimpin Turki dan Rusia.

“Kita semua memiliki musuh yang sama, yaitu ISIS dan saya ingin memastikan kita fokus pada target yang sama,” kata Obama.

Ia mengutarakan kepada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, untuk meredakan ketegangan yang telah menganggu upaya penumpasan kelompok militan tersebut.

“Amerika Serikat tetap mendukung hak Turki mempertahankan kedaulatan wilayahnya. Saya berdiskusi dengan Presiden Erdogan mengenai bagaimana Turki dan Rusia dapat bekerja sama untuk meredakan ketegangan dan menyelesaikan persoalan ini dengan jalur diplomatik.”

Sebelumnya Obama bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan menyampaikan pesan bernada sama.

Krisis diplomatik kedua negara ini telah memperumit upaya Amerika Serikat untuk memerangi ISIS dan menyelesaikan perang saudara berkepanjangan di Suriah. Rusia mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad. Hal itu menjadi perbedaan besar antara Rusia di satu sisi dengan Amerika dan Turki di sisi lain, yang jelas-jelas menginginkan Assad meninggalkan kursi kepresidennanya.

Sosok Erdogan dan Putin yang sama-sama keras dan autokratik semakin mempersulit kemungkinan salah satu pihak akan mengalah. Kedua pemimpin menggunakan konflik diplomatik ini untuk meningkatkan pencitraan mereka di negeri masing-masing dan mengumandangkan semangat nasionalisme.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.