Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Negara Eropa Siapkan Dana 500 Juta Dollar untuk Perubahan Iklim

Kompas.com - 01/12/2015, 23:23 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Empat negara di kawasan Eropa, yakni Swedia, Norwegia, Jerman dan Swiss, mengumumkan telah menyediakan dana sebesar 500 juta dolar untuk lingkungan.

Dana itu akan yang digunakan untuk membantu negara berkembang dalam rangka pengurangan emisi karbon. Program ini juga bekerja sama dengan Bank Dunia.

Program tersebut akan dikerjakan oleh sebuah lembaga fasilitas aset karbon transformatif, yang akan membantu negara-negara berkembang untuk memerangi efek gas rumah kaca, termasuk langkah kebijakan sebuah negara berkembang.

Sebagai contoh, sebuah negara yang berusaha meninggalkan energi fosil ke energi terbarukan.

"Kami akan membantu negara-negara berkembang untuk menemukan cara penggunaan energi rendah karbon," kata Presiden Grup Bank Dunia, Jim Yong Kim, Selasa (1/12/2015)

"Inisiatif ini merupakan salah satu cara negara di dunia yang akan diwariskan pada generasi selanjutnya dari kredit karbon," ucapnya.

Inisiatif ini direncanakan mulai pada 2016 dengan komitmen awal diharapkan terdapat kontribusi dari negara-negara lainnya sebesar 250 juta dolar hingga tercapai target 500 juta dolar.

Ke depannya, Bank Dunia akan menyediakan dalam bentuk investasi sebesar 2 miliar dolar.

"Kami sangat senang dengan inisiatif ini dan akan membimbing generasi selanjutnya ke program pasar karbon," kata Perdana Menteri Erna Solberg dari Norwegia.

Sementara itu sebelumnya Presiden Indonesia Joko Widodo dalam pidatonya di Confrences of Parties (COP) 21, Pertemuan Tingkat Tinggi Perubahan Iklim PBB, (UNFCCC) di Le Bourget, Prancis, Senin (30/11/2015) menekankan komitmen negara-negara maju untuk membantu pendanaan dan transfer teknologi dalam upaya memerangi perubahan iklim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com