Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir Tertarik Gantikan Barang-barang Turki di Pasar Rusia

Kompas.com - 01/12/2015, 10:18 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Luar Negeri Mesir dalam sebuah pernyataan pada Minggu (29/11/2015) menyatakan bahwa Kairo telah meminta Moskwa untuk memberikan daftar barang-barang yang baru saja dilarang atau dibatasi impornya ke Rusia dari Turki. Kairo tertarik untuk menggantikan barang-barang tersebut dengan produk-produk Mesir.

Menurut pernyataan tersebut, masalah itu telah dibahas Menteri Perindustrian dan Perdagangan Mesir, Tarek Kabil, dan rekannya dari Rusia, Denis Manturov, dalam sebuah pertemuan di Uni Emirat Arab.

"Mesir tertarik untuk memenuhi kebutuhan pasar Rusia, terutama barang-barang yang berasal dari Turki, mengingat keputusan Rusia membatasi impor dari Turki ke pasar Rusia  untuk buah-buahan dan sayuran-sayuran hingga 66 persen, serta pakaian dan kulit," kata pernyataan itu.

Hubungan Rusia dan Turki tegang setelah jatuhnya jet tempur Rusia Su-24 di wilayah udara Suriah setelah ditembak Angkatan Udara Turki pada Selasa lalu.

Hari Sabtu, Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani keputusan untuk meningkatkan keamanan nasional dan memberlakukan sejumlah sanksi ekonomi terhadap Turki, termasuk pembatasan tenaga kerja, perjalanan, dan perdagangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com