Kompas.com - 01/12/2015, 10:18 WIB
EditorEgidius Patnistik

KAIRO, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Luar Negeri Mesir dalam sebuah pernyataan pada Minggu (29/11/2015) menyatakan bahwa Kairo telah meminta Moskwa untuk memberikan daftar barang-barang yang baru saja dilarang atau dibatasi impornya ke Rusia dari Turki. Kairo tertarik untuk menggantikan barang-barang tersebut dengan produk-produk Mesir.

Menurut pernyataan tersebut, masalah itu telah dibahas Menteri Perindustrian dan Perdagangan Mesir, Tarek Kabil, dan rekannya dari Rusia, Denis Manturov, dalam sebuah pertemuan di Uni Emirat Arab.

"Mesir tertarik untuk memenuhi kebutuhan pasar Rusia, terutama barang-barang yang berasal dari Turki, mengingat keputusan Rusia membatasi impor dari Turki ke pasar Rusia  untuk buah-buahan dan sayuran-sayuran hingga 66 persen, serta pakaian dan kulit," kata pernyataan itu.

Hubungan Rusia dan Turki tegang setelah jatuhnya jet tempur Rusia Su-24 di wilayah udara Suriah setelah ditembak Angkatan Udara Turki pada Selasa lalu.

Hari Sabtu, Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani keputusan untuk meningkatkan keamanan nasional dan memberlakukan sejumlah sanksi ekonomi terhadap Turki, termasuk pembatasan tenaga kerja, perjalanan, dan perdagangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.