Kompas.com - 29/11/2015, 11:41 WIB
EditorTri Wahono

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan pernyataan rekonsiliasi kepada Rusia menyusul penembakan jet tempur Rusia.

Ia menyebut kejadian itu bukan kesengajaan dan Turki tidak dalam posisi sengaja menciptakan konflik dan ketegangan dengan Rusia.

"Saya sungguh sedih. Kami berharap itu tak terjadi, tetapi memang terjadi. Saya berharap hal semacam ini tidak lagi terjadi," kata Erdogan dalam pernyataan, Sabtu (28/11/2015).

Namun, Erdogan sama sekali tidak menyampaikan permintaan maaf atas insiden tersebut sebagaimana dituntut Rusia.

Turki tetap kukuh berpandangan bahwa jet tempur Sukhoi Su-24 milik Rusia itu telah melanggar wilayah udaranya dan mengabaikan peringatan militer Turki untuk mengubah arah penerbangan.

Sebaliknya, Rusia tetap ngotot bahwa jet tempurnya tidak melintasi perbatasan Suriah-Turki.

Insiden ini disebut sebagai yang pertama kalinya sebuah pesawat Rusia ditembak jatuh oleh anggota NATO dalam kurun setengah abad terakhir.

"Kami berharap masalah antara kami dengan Rusia tidak melebar lebih jauh, menjadi menggerogoti dan menimbulkan konsekuensi merugikan di masa datang," kata Erdogan.

Erdogan juga kembali meminta bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Paris di sela KTT Iklim, Senin mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.