Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Siap Kerja Sama dengan AS Perangi ISIS asal Pesawatnya Jangan Ditembak Lagi

Kompas.com - 27/11/2015, 18:04 WIB
KOMPAS.com — Rusia akan tetap bekerja sama dengan Amerika Serikat dan mitra-mitra lainnya untuk memerangi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah.

Namun, kerja sama tersebut bakal terancam jika Turki kembali menembak pesawat tempur Rusia, demikian diungkapkan Presiden Vladimir Putin, Jumat (27/11/2015).

Seusai berbicara dengan Presiden Perancis Francois Hollande di Kremlin, Putin masih menunjukkan kemarahan terhadap Turki. Dia menilai, penembakan jet tempur Rusia adalah bentuk pengkhianatan oleh negara yang dianggapnya sahabat.

Kendati demikian, Putin mengatakan, pihaknya akan memerintahkan militer Rusia untuk mengintensifkan kerja sama dengan pasukan Perancis, termasuk pertukaran informasi tentang target.

Dia memandang kerja sama dengan Perancis sebagai bagian dari penciptaan koalisi internasional lebih luas yang bakal menyatukan Rusia dengan negara-negara Barat.

"Kami siap kerja sama dengan koalisi yang dipimpin AS. Namun, tentu saja, insiden seperti perusakan pesawat kami, dan kematian pilot kami ... sangat tidak bisa diterima," kata Putin dalam konferensi pers yang didampingi Presiden Francois Hollande.

"Kami menegaskan bahwa peristiwa itu (penembakan pesawat) jangan terulang lagi, atau sebaliknya, kami tidak perlu kerja sama dengan siapa pun, koalisi apa pun, dan negara apa pun," kata Putin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com