Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Ingin Meredakan Ketegangan dengan Rusia

Kompas.com - 27/11/2015, 16:54 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu, Jumat (27/11/2015), menyatakan pihaknya sedang berusaha untuk meredakan ketegangan dengan Rusia pasca-penembakan pesawat Moskwa Su-24 di perbatasan Suriah.

"Sementara langkah-langkah untuk mempertahankan wilayah kami akan tetap dilakukan. Turki akan bekerja sama dengan Rusia dan sekutu kami untuk menenangkan ketegangan," tulis Davutoglu dalam The Times edisi Jumat di London.

"Penembakan jet yang tak dikenal di wilayah udara Turki dulu dan sekarang bukanlah sebuah tindakan melawan negara terentu," jelasnya.

Davutoglu menekankan bahwa komunitas internasional harus bersatu melawan "musuh bersama".

"Komunitas internasional jangan aktif sendiri-sendiri. Jika itu terjadi, maka kemenangan akan diraih Daesh (SISI)... dan rezim Suriah," katanya.

Rusia bersumpah untuk memberikan sanksi ekonomi terhadap Turki sebagai respons atas penambakan jet tempur Moskwa oleh Ankara.

Sementara Presiden Recep Tayyip Erdogan dengan nada marah menolak tuntuan Kremlin untuk permintaan maaf dan mengatakan Vladimir Putin telah melecehkannya karena tidak mengangkat panggilan telepon Erdogan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com