Kompas.com - 27/11/2015, 16:54 WIB
EditorFarid Assifa
LONDON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu, Jumat (27/11/2015), menyatakan pihaknya sedang berusaha untuk meredakan ketegangan dengan Rusia pasca-penembakan pesawat Moskwa Su-24 di perbatasan Suriah.

"Sementara langkah-langkah untuk mempertahankan wilayah kami akan tetap dilakukan. Turki akan bekerja sama dengan Rusia dan sekutu kami untuk menenangkan ketegangan," tulis Davutoglu dalam The Times edisi Jumat di London.

"Penembakan jet yang tak dikenal di wilayah udara Turki dulu dan sekarang bukanlah sebuah tindakan melawan negara terentu," jelasnya.

Davutoglu menekankan bahwa komunitas internasional harus bersatu melawan "musuh bersama".

"Komunitas internasional jangan aktif sendiri-sendiri. Jika itu terjadi, maka kemenangan akan diraih Daesh (SISI)... dan rezim Suriah," katanya.

Rusia bersumpah untuk memberikan sanksi ekonomi terhadap Turki sebagai respons atas penambakan jet tempur Moskwa oleh Ankara.

Sementara Presiden Recep Tayyip Erdogan dengan nada marah menolak tuntuan Kremlin untuk permintaan maaf dan mengatakan Vladimir Putin telah melecehkannya karena tidak mengangkat panggilan telepon Erdogan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.