Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erdogan: Putin Tolak Jawab Telepon Saya

Kompas.com - 27/11/2015, 08:31 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis


ISTANBUL, KOMPAS.com — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan bahwa Presiden Rusia Vladmir Putin tidak mau menjawab panggilan teleponnya menyusul peristiwa penembakan jet tempur Rusia oleh militer Turki.

"Saya menelepon Putin, tetapi hingga sekarang dia tidak pernah menjawabnya," kata Erdogan kepada televisi Perancis, France 24.

Dia juga menyatakan, Turki akan bertindak berbeda jika mengetahui pesawat tersebut merupakan pesawat Rusia.

"Jika kita tahu itu pesawat Rusia, mungkin kita akan memberikan peringatan dalam bentuk yang berbeda."

Erdogan juga mengecam tuduhan bahwa negaranya berkomplot dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), terutama terkait tuduhan bahwa Turki membeli minyak dari kelompok militan itu.

"Sudah pasti itu kebohongan dan fitnah," kecam Erdogan. "Kami tidak pernah memiliki hubungan bisnis apa pun dengan kelompok teroris. Mereka harus membuktikannya. Jika terbukti, Tayyip Erdogan akan mengundurkan diri," kata Erdogan berapi-api.

Putin langsung menepis klaim Erdogan bahwa mereka tidak tahu pesawat yang ditembak jatuh di perbatasan Suriah merupakan milik Rusia.

Putin menyatakan, pesawat-pesawat Rusia mudah dikenali dan koordinat penerbangan pesawat tempur telah diberikan kepada Amerika Serikat, yang merupakan sekutu Turki.

Menurut Putin, sangat mustahil bahwa Turki tidak mengetahui bahwa pesawat Su-24 yang ditembak pada ketinggian 6.000 meter dengan rudal udara ke udara oleh pesawat tempur F-16 Turki, sekitar satu kilometer dari perbatasan Turki, ialah milik Rusia.

"Sebagaimana diatur dalam kesepakatan dengan AS, kami memberi informasi di mana pesawat kami beroperasi, di ketinggian berapa, dan di area mana saja. Turki adalah bagian dari koalisi dan mereka pasti tahu bahwa itu adalah pesawat tempur Rusia. Jika itu pesawat Amerika, akankah mereka menembak?" kata Putin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com