Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erdogan Bantah Turki Membeli Minyak dari ISIS

Kompas.com - 26/11/2015, 20:49 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Rabu (25/11/2015) menyangkal negaranya membeli minyak dari kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Dia menyatakan negaranya justru ikut berperang melawan kelompok ISIS.

"Tidak tahu malu. Mereka yang mengklaim kami membeli minyak dari Daesh (ISIS) harus bisa membuktikannya. Jika tidak, maka Anda adalah seorang pemiftnah," kata Erogan, mengkritik tuduhan Rusia setelah penembakan pesawat Rusia hingga jatuh di perbatasan Suriah.

Erdogan juga mengatakan bahwa Rusia adalah pemasok energi terbesar di Turki setelah Iran.

Sebelumnya diberitakan, pesawat Turki F-16 menembak jatuh jet tempur Rusia Su-24 di perbatasan Suriah pada Selasa lalu. [Baca juga: Turki Tembak Jatuh Jet Tempur Rusia]

Insiden itu memunculkan respons yang pedas dari Moskwa, mitra utama perdagangan dengan Ankara. [Baca juga: PM Rusia: Pejabat Turki Punya Kepentingan Finansial dengan ISIS]

Presiden Vladimir Putin menganggap tindakan tersebut sebagai "penusukan dari belakang" oleh "antek teroris". [Baca juga: Merasa Ditusuk dari Belakang, Putin Sebut Turki Antek Teroris]

Orang kuat di Turki itu menyangkal tudingan Rusia bahwa Ankara bekerja sama dengan ISIS. Erdogan menyatakan peperangan negaranya melawan ISIS adalah niscaya.

"Posisi negara kami melawan ISIS sudah jelas sejak awal," kata Erdogan dalam sebuah pidato di hadapan pejabat lokal di Istana Presiden di Ankara.

"Tidak perlu dipertanyakan lagi. Tak seorang pun yang berhak untuk meragukan peperangan kami melawan Daesh," tandas Erdogan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com