Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erdogan: Turki Tak Ingin Bersitegang dengan Rusia

Kompas.com - 25/11/2015, 16:17 WIB
ISTANBUL, KOMPAS.com — Presiden Tayyip Erdogan, Rabu (25/11/2015), mengatakan, Turki tidak ingin bersitegang dengan Rusia atas kasus penembakan jet Rusia di perbatasan Suriah-Turki pada Selasa (24/11/2015).

Namun, Erdogan bersumpah akan mempertahankan perbatasan Turki.

"Kami tidak bermaksud bersitegang akibat insiden ini. Kami hanya mempertahankan keamanan kami dan hak-hak saudara kami," kata Erdogan dalam wawancara televisi di Istanbul, Rabu.

Menurut dia, tak seorang pun akan diam jika batas keamanannya dilanggar.

Seperti diberitakan sebelumnya, Turki dengan pesawat F-16 menembak jatuh jet tempur Rusia Su-24 karena dianggap melanggar wilayah udara Turki. [Baca juga: Turki Tembak Jatuh Jet Tempur Rusia]

Namun, Presiden Rusia Vladimir Putin membantah tuduhan itu. Rusia mengaku pesawat tempurnya terbang di atas wilayah Suriah sekitar 1 kilometer dari perbatasan Turki. [Baca juga: Merasa Ditusuk dari Belakang, Putin Sebut Turki Antek Teroris]

Selain itu, Putin juga menyatakan bahwa jet tempur yang menyasar teroris di Provinsi Latkia, Suriah, itu tidak mengganggu keamanan nasional Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com