Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi Berkekuatan 7,5 Guncang Peru

Kompas.com - 25/11/2015, 08:12 WIB
LIMA, KOMPAS.com - Sebuah gempa bumi besar berkekuatan 7,5 mengguncang Peru bagian timur, kata US Geological Survey (USGS), Selasa (24/11/2015) waktu setempat. Belum ada laporan tentang kerusakan atau korban dari gempa bumi yang tergolong gempa dalam itu.

Gempa, yang terjadi pukul 17.45 waktu setempat (atau pukul 05.45 WIB), berpusat di kedalaman 602 kilometer.

Lokasi gempa terletak sekitar 173 kilometer di sebelah barat-laut Iberia dan sekitar 681 kilometer di timur-timur laut ibukota Peru, Lima.

Bangunan-bangunan berguncang di beberapa kota di Peru, seperti di Cuzco, Tacna, Pucallpa dan Arequipa, serta di wilayah bagian utara Cile, Argentina dan Bolivia.

Penduduk setempat mengatakan, mereka merasakan tiga gempa terpisah yang terbilang moderat dan semunya berlangsung agak lama.

Angkatan Laut Peru mengesampingkan kemungkinan terjadinya tsunami.

Peru terletak di jalur yang dikenal sebagai "Cincin Api", sebuah patahan berbentuk garis busur yang mengelilingi Cekungan Pasifik dan rawan gempa bumi serta letusan gunung berapi.

Gempa besar terakhir yang melanda Peru terjadi hampir satu dekade lalu, yaitu pada tanggal 15 Agustus 2007, yang merenggut nyawa 595 orang. Gempat itu berpusat di pantai tengah, di sebelah barat Pisco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com