Kompas.com - 24/11/2015, 20:14 WIB
EditorFarid Assifa
BRUSSELS, KOMPAS.com — Para duta besar negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) akan menggelar pertemuan "luar biasa" pada Selasa (24/11/2015) atas permintaan Ankara untuk mendiskusikan peristiwa penembakan jet tempur Rusia di perbatasan Suriah-Turki.

"Atas permintaan Turki, NATO akan menggelar rapat luar biasa pada pukul 16.00 (waktu setempat). Tujuannya agar Turki menginformasikan kepada sekutu soal penembakan pesawat tempur Rusia," kata seorang pejabat NATO kepada AFP.

"NATO memantau dekat situasi tersebut. Kami sudah mengontak otoritas Turki."

Ankara menyatakan, dua jet tempur F-16 menembak jatuh jet tempur Rusia, Su-24, karena melanggar wilayah udara Turki sebanyak 10 kali dalam periode 5 menit di perbatasan Suriah.

Namun, Rusia menyatakan, pesawatnya terbang di atas wilayah udara Suriah.

NATO yang beranggotakan 28 negara akan menggelar rapat mendadak jika keamanan salah satu negara anggotanya terancam.

Kendati dalam keadaan bahaya, Turki tidak meminta rapat tersebut di bawah Pasal 4 pada kesepakatan. Pasal tersebut berbunyi, seorang anggota NATO harus dibantu jika integritas teritorial, kemerdekaan politik, atau keamanannya sedang terancam.

Ankara memang memohon Pasal 4 pada Oktober lalu untuk menghadapi situasi ketika pesawat Rusia beberapa kali melanggar wilayah udara Turki, menyusul serangan udara Moskwa ke basis-basis pemberontak yang melawan Bashar al-Assad, termasuk ISIS.

Saat itu, NATO memperingatkan "bahaya besar atas perilaku tak bertanggung jawab" yang dilakukan pesawat Rusia.

Semua anggota NATO yang terdiri atas 28 negara sepakat dengan prinsip "satu untuk semua" dan "semua untuk satu" dalam merespons setiap ancaman militer yang dihadapi anggotanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.