Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Awali KTT Ke-27 ASEAN Melalui Pertemuan Bilateral dengan PM Vietnam

Kompas.com - 22/11/2015, 10:14 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo mengawali kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi ke-27 ASEAN pada hari kedua, Minggu (22/11/2015) pagi, dengan menghadiri pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung, di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC), Malaysia.

Pertemuan kedua pemimpin negara ini berlangsung sekitar pukul 08.30 hingga pukul 09.00. Ikut mendampingi Presiden Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Luhut B Pandjaitan, Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menko Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi mengundang PM Nguyen Tan Dung untuk berkunjung ke Indonesia.

Seusai bertemu PM Vietnam, Presiden Jokowi melanjutkan menghadiri acara "The 40th Anniversary of Commemorative ASEAN-New Zealand Summit" bersama para pemimpin negara dan pemerintahan ASEAN serta PM Selandia Baru John Key.

Seperti hari pertama KTT ASEAN, pada hari kedua ini Presiden akan mengikuti rangkaian acara yang jadwalnya sangat padat.

Pada hari terakhir KTT ASEAN ini Presiden Joko Widodo akan menghadiri tiga pertemuan bilateral, selain dengan yakni PM Vietnam, Presiden juga akan bertemu dengan PM Jepang Shinzo Abe dan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon.

Hari ini rencananya Presiden juga akan turut dalam acara penandatanganan "The 2015 Kuala Lumpur ‎Declaration on The Establishment of ASEAN Community & The Kuala Lumpur Declaration on The ASEAN 2025: Forging ahead Together".

‎Setelah itu, secara berturut-turut Presiden Jokowi menghadiri KTT ke-10 Asia Timur, KTT ke-18 ASEAN-Jepang, K‎TT ke-17 ASEAN-Republik Korea, dan KTT ke-7 ASEAN-PBB.‎

Sebelum penutupan KTT ASEAN digelar, Presiden Jokowi akan mengikuti Joint Statement on The Regional Comprehensive Economic Partnership Negotiation.

Pada upacara penutupan KTT ASEAN akan diserahkan penyerahan posisi Ketua ASEAN dari Malaysia kepada Laos.

Seusai mengikuti seluruh rangkaian KTT ke-27 ASEAN, Presiden Joko Widodo dan Nyonya Iriana direncanakan kembali ke Tanah Air pada Minggu malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com