Kompas.com - 22/11/2015, 07:16 WIB
EditorTri Wahono

BUDAPEST, KOMPAS.com — Tumpukan 6.300 dokumen bersejarah di era Holocaust atau pembantaian orang-orang Yahudi oleh Nazi ditemukan tersembunyi di balik tembok sebuah apartemen di Hongaria.

Menurut The Guardian, dokumen tersebut adalah formulir sensus 1944 yang memuat sekitar 200.000 warga Yahudi yang tinggal di Budapest.

Ribuan dokumen itu bernilai sejarah tinggi karena dapat menjadi pelengkap informasi soal ratusan ribu warga Yahudi yang direlokasi pada masa Holocaust.

Pemilik apartemen tempat ditemukannya tumpukan dokumen seberat 61 kilogram itu, Brigitte Berdefy, mengatakan, dokumen tersebut ditemukan oleh seorang tukang yang tengah mengebor dinding apartemen itu.

Dokumen tersebut terdiri dari tumpukan kertas yang berdebu, menguning, dan penuh tempelan bekas dinding. Namun, selebihnya dokumen itu secara fisik utuh dan tulisannya masih terbaca cukup jelas.

"Isi dan nilai penemuan ini sangat tak terduga. Ini dapat membantu untuk melengkapi informasi terkait sejarah Holocaust di Budapest," sebut kepala pengarsipan Budapest, Istvan Kenyeres.

Menurut situs Vol.at, warga Yahudi yang terdaftar dalam daftar sensus tersebut adalah mereka yang direlokasi secara paksa ke 2.000 rumah yang ditandai bintang Yahudi.

Inisiatif tersebut menyelamatkan sebagian besar populasi Yahudi di Budapest dari upaya deportasi yang dilakukan oleh antek-antek Nazi di Hongaria ke Auschwitz, di mana 600.000 warga Yahudi Hongaria tewas oleh gas beracun.

Sejak September 2015, tumpukan dokumen tersebut diserahkan oleh pihak pengarsipan Budapest untuk dipelajari lebih lanjut. (Ruth Vania Christine/The Guardian/VOL.AT)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.