Kompas.com - 17/11/2015, 15:09 WIB
EditorTri Wahono

PARIS, KOMPAS.com — Pesawat tempur Perancis melancarkan serangan baru ke basis utama Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Raqqa, Suriah utara.

Serangan kali ini menghancurkan sebuah pusat komando dan pusat pelatihan. Demikian menurut Kementerian Pertahanan Perancis seperti dilaporkan AFP.

Kementerian Pertahanan menyatakan, "Untuk kali kedua dalam 24 jam, militer Perancis melancarkan serangan udara terhadap Daesh (ISIS) di Raqqa di Suriah."

Presiden Francois Hollande telah bersumpah untuk memukul balik ISIS tanpa ampun menyusul serangan teror di Paris yang merupakan peristiwa paling berdarah di wilayah ini.

Sepuluh pesawat Rafale dan Mirage 2000 melancarkan pengeboman pada Senin dini hari atau Selasa sekitar pukul 07.30 WIB dengan menjatuhkan 16 bom.

"Kedua sasaran terhantam dan hancur secara simultan. Dilakukan atas koordinasi dengan pasukan AS, serangan itu ditujukan ke situs-situs yang telah diidentifikasi selama misi pengawasan sebelumnya yang dilakukan oleh Perancis," demikian isi pernyataan itu.

Perancis melancarkan berbagai serangan udara ke wilayah ISIS di Suriah sejak September. Serangan ditingkatkan sejak teror terjadi di Paris, Jumat.

Sebelumnya, 10 pesawat tempur Perancis menjatuhkan 20 bom ke Raqqa, Minggu.

Amerika Serikat dan Perancis juga telah memutuskan untuk meningkatkan pertukaran intelijen mereka mengenai target-target potensial.

Perancis berusaha semakin mengintensifkan operasinya melawan ISIS di Suriah melalui informasi yang didapat dan menurunkan kapal induk Charles de Gaulle yang akan meningkatkan kapasitas serangannya menjadi tiga kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.