Kompas.com - 14/11/2015, 21:46 WIB
|
EditorCaroline Damanik
PARIS, KOMPAS.com — Pengelola Menara Eiffel mengumumkan bahwa obyek wisata ternama itu akan ditutup hingga waktu yang tidak terbatas, mulai Sabtu (14/11/2015) siang ini.

Keputusan ini diambil pasca-aksi terorisme di tujuh titik di Paris yang menewaskan ratusan korban jiwa, Jumat malam.

Tercatat, setiap hari, ada 20.000 pengunjung yang selalu memadati simbol kota Paris itu.

Adapun Menara Eiffel sering mendapat ancaman teror dalam beberapa tahun terakhir, termasuk dari ISIS dan Al Qaeda.

Yang terakhir terjadi belum lama ini, yaitu pada bulan September 2015. Saat itu, pengunjung dievakuasi ketika tersiar kabar ada seseorang dengan tas besar menunjukkan gerak-gerik mencurigakan di sekitar menara itu.

Sebelumnya, pemerintah kota Paris telah memutuskan bahwa fasilitas umum, seperti perpustakaan, museum, gelanggang olahraga, universitas, dan sekolah, akan ditutup pada Sabtu akhir pekan ini.

Salah satu museum yang ikut ditutup adalah Museum Louvre, tempat lukisan legendaris Monalisa dipamerkan. Pihak taman bermain Disneyland Paris juga mengumumkan untuk tidak beroperasi sementara. (Baca: Pasca-serangan Teroris, Disneyland Paris Ditutup).

Sekitar 1.500 personel militer tambahan telah dikerahkan untuk mengamankan lokasi-lokasi penting di ibu kota Perancis itu, seperti katedral, gedung parlemen, dan Menara Eiffel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.