Kompas.com - 14/11/2015, 21:21 WIB
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

PARIS, KOMPAS.com — Pemerintah Perancis menyatakan bahwa sedikitnya 128 orang tewas dalam serangkaian serangan di sejumlah tempat di Kota Paris, Jumat (13/11/2015) malam.

Kantor berita Reuters melaporkan, berdasarkan pernyataan kantor kejaksaan di Perancis, sebanyak 99 orang lainnya dalam kondisi kritis akibat rangkaian serangan tersebut.

Sementara itu, kantor berita Agence France-Presse menyebutkan bahwa tragedi itu merenggut 127 korban jiwa. Lebih dari 200 orang mengalami luka, dengan 80 orang di antaranya dalam kondisi kritis.

Sejauh ini, para korban telah dibawa ke rumah sakit setempat untuk mendapat perawatan.

Di sejumlah rumah sakit, antrean panjang warga Paris tampak. Mereka ingin menjadi donor darah bagi para korban serangan tersebut.

Pengguna internet memasang tanda pagar (tagar) #dondusang untuk memberitahukan informasi mengenai rumah sakit yang paling membutuhkan donor darah.

Tagar #PorteOuverte menjadi trending topic di Twitter, dan berisi pujian atas kemurahan hati warga Perancis yang membukakan pintu rumah mereka untuk memberikan pertolongan pertama kepada korban serangan itu.

Pertolongan warga sangat dibutuhkan mengingat peristiwa berdarah ini terjadi pada tengah malam saat transportasi umum sudah tidak beroperasi lagi dan banyak jalan ditutup untuk pengamanan.

Tim forensik telah didatangkan ke lokasi kejadian pada pagi ini untuk segera melakukan investigasi.

Sementara itu, lebih kurang 1.500 personel militer Perancis berjaga-jaga di Paris, terutama di lokasi wisata, untuk mengamankan kota mode tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.