Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

128 Orang Tewas dan 99 Korban Kritis, Warga Paris Antre Jadi Donor Darah

Kompas.com - 14/11/2015, 21:21 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

PARIS, KOMPAS.com — Pemerintah Perancis menyatakan bahwa sedikitnya 128 orang tewas dalam serangkaian serangan di sejumlah tempat di Kota Paris, Jumat (13/11/2015) malam.

Kantor berita Reuters melaporkan, berdasarkan pernyataan kantor kejaksaan di Perancis, sebanyak 99 orang lainnya dalam kondisi kritis akibat rangkaian serangan tersebut.

Sementara itu, kantor berita Agence France-Presse menyebutkan bahwa tragedi itu merenggut 127 korban jiwa. Lebih dari 200 orang mengalami luka, dengan 80 orang di antaranya dalam kondisi kritis.

Sejauh ini, para korban telah dibawa ke rumah sakit setempat untuk mendapat perawatan.

Di sejumlah rumah sakit, antrean panjang warga Paris tampak. Mereka ingin menjadi donor darah bagi para korban serangan tersebut.

Pengguna internet memasang tanda pagar (tagar) #dondusang untuk memberitahukan informasi mengenai rumah sakit yang paling membutuhkan donor darah.

Tagar #PorteOuverte menjadi trending topic di Twitter, dan berisi pujian atas kemurahan hati warga Perancis yang membukakan pintu rumah mereka untuk memberikan pertolongan pertama kepada korban serangan itu.

Pertolongan warga sangat dibutuhkan mengingat peristiwa berdarah ini terjadi pada tengah malam saat transportasi umum sudah tidak beroperasi lagi dan banyak jalan ditutup untuk pengamanan.

Tim forensik telah didatangkan ke lokasi kejadian pada pagi ini untuk segera melakukan investigasi.

Sementara itu, lebih kurang 1.500 personel militer Perancis berjaga-jaga di Paris, terutama di lokasi wisata, untuk mengamankan kota mode tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com