Kompas.com - 06/11/2015, 02:04 WIB
EditorBayu Galih

KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Amerika Serikat mengunjungi kapal induk di Laut China Selatan. Kunjungan dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan AS dan China terkait kawasan laut yang menjadi sengketa itu.

Ash Carter sebelumnya menyebut kunjungannya sebagai komitmen atas Laut China Selatan.

Dengan menggunakan pesawat multiguna V-22 Osprey dari pangkalan di negara bagian Sabah, Malaysia, Carter mendarat di USS Theodore Roosevelt, Kamis 5 November.

Dia juga mendesak semua pihak untuk tidak membangun di pulau karang maupun di pulau di kawasan tersebut, untuk menegaskan penentangan Washington atas proyek reklamasi yang dilakukan China di sebuah pulau karang.

Kunjungan ini dilakukan setelah dia menghadiri pertemuan menteri pertahanan ASEAN-Plus di Malaysia, yang tidak berhasil mengeluarkan pernyataan bersama terkait Laut China Selatan.

Bukanlah hal yang tidak biasa bagi Menteri Pertahanan Amerika Serikat berkunjung ke kapal induk. Namun, kunjungan Carter ini menarik perhatian karena berlangsung ketika ketegangan antara Washington dan Beijing sedang meningkat.

Kementrian Luar Negeri China mengatakan kunjungan Carter itu sebagai povokasi.

Sebelumnya Amerika Serikat dengan sengaja mengerahkan kapalnya berlayar di dekat pulau karang yang direklamasi, yang juga mengundang protes China.

Protes atas reklamasi yang dilakukan China juga diprotes pemerintah Filipina -yang mengajukan gugatan ke pengadilan internasional di Den Hag untuk menantang klaim China atas kawasan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.