Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2015, 15:39 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com — Seekor ikan pari berwarna pink (merah jambu) terekam kamera di dekat perairan Bundaberg, Great Barrier Reef, disebut-sebut sebagai yang pertama terlihat di Australia.

Seorang pelatih renang bernama Ryan Jeffery beberapa waktu lalu sedang melatih renang di dekat Pulau Lady Elliot Island saat melihat ikan pari tersebut.

"Saya melihat ikan yang tampak aneh ini. Namun, ikan ini tampak akrab dan berada di dekat saya sekitar setengah jam lamanya," kata Ryan.

"Saat itu, ada juga ikan pari lainnya dan langsung kelihatan perbedaan warna tubuh ikan ini," ujarnya.

Ryan kemudian mengambil foto dan video ikan ini. "Saya sudah sering berenang di sini dan tidak pernah melihat ikan pari sama sekali," katanya.

"Saya kemudian kembali ke lokasi yang sama dan berharap bisa melihat ikan pari tersebut, tetapi ikan itu tidak pernah muncul lagi," ujarnya.

Seorang pakar ikan pari, dr Kathy Townsend, menjelaskan, adanya warna pada ikan pari itu cukup mengherankan.

"Ikan pari ini jenis jantan dewasa dan jelas memiliki warna pink di bagian tubuh yang seharusnya berwana putih," kata Townsend.

Menurut dia, ada sejumlah kemungkinan yang bisa menjelaskan hal ini.

"Biasanya, ikan pari atau ikan hiu kalau lagi stres akan berubah warna tubuhnya. Namun, menurut Ryan, saat itu ikan pari ini tampak santai dan bahkan akrab," katanya.

Karena itu, kata Townsend, kemungkinan warna pink bukan karena ikan itu mengalami stres.

Menurut Townsend, seorang rekannya pernah melihat ikan pari warna pink di perairan Mozambique, Afrika, dan diketahui bahwa ikan itu sedang mengalami infeksi kulit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.