Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Pengungsi Bisa Picu Perang di Balkan

Kompas.com - 05/11/2015, 15:07 WIB

KOMPAS.com — "Jika Eropa gagal mengatasi krisis pengungsi, konflik militer akan pecah kembali di kawasan Balkan," ujar Merkel.

Ketegangan di antara negara-negara Balkan yang dijadikan kawasan transit pengungsi yang mayoritasnya dari Suriah, Irak, dan Afganistan belakangan ini kembali meruncing. Hongaria, Serbia, Kroasia, dan Slovenia secara bergiliran menutup pintu perbatasannya karena merasa kewalahan menangani arus pengungsi.

Lontaran peringatan Kanselir Merkel ini juga bersamaan dengan makin parahnya krisis di dalam pemerintahan Jerman. Mitra koalisi partai Kristen Sosial-CSU serta internal partai Merkel, Kristen Demokrat-CDU, terus menekan Kanselir untuk menghentikan politik welcome refugees.

Terutama partai CSU yang memerintah di negara bagian Bayern kini kewalahan dan kehabisan dana untuk menangani arus pengungsi. Bayern yang berbatasan dengan Austria adalah pintu masuk utama para pengungsi yang sebelumnya melintasi kawasan Balkan. Setiap hari antara 5.000 hingga 10.000 pengungsi masuk ke negara bagian Bayern.

Desakan pemerintah negara bagian Bayern untuk menutup pintu perbatasan ke Austria ditanggapi Merkel dengan tajam.

"Hal ini akan memicu reaksi berantai dan aksi kekerasan ke negara-negara lainnya," ujar Kanselir Jerman itu. Semua akan memicu kemunduran dan pecahnya konflik militer.

Ratusan pengungsi menghilang

Sementara ini, Jerman juga menghadapi masalah serius, dengan "menghilangnya" ratusan pengungsi dari kamp registrasi di negara bagian Niedersachsen.

Laporan media menyebutkan, dari 4.000 pengungsi yang tiba di kamp penampungan darurat, sekitar 700 di antaranya “lenyap“ dalam arti tidak melakukan registrasi.

Saksi mata menyebutkan, banyak di antara pengungsi itu yang membawa uang tunai cukup banyak dan memesan taksi untuk melanjutkan perjalanan. Mengenai tujuannya, tidak ada yang tahu.

Menurut aturan di Jerman, pengungsi mempunyai hak untuk bebas bergerak. Tetapi, aturan Eropa juga mensyaratkan registrasi awal untuk dapat memohon suaka. Kasus "hilangnya" pengungsi ditanggapi kritis para pengamat sebagai bukti dari hilangnya kontrol negara terhadap krisis yang sedang melanda. (AS/VLZ (RTR,AFP,DPA,Twitter)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com