Kompas.com - 02/11/2015, 11:02 WIB
|
EditorEgidius Patnistik
PENANG, KOMPAS.com — Soh Chew Tong (46) dan istrinya Chin Chui Ling (43) dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Tinggi Penang, Malaysia, karena terbukti menyiksa dan membunuh Mey Sichan.

Mey Sichan merupakan seorang pekerja rumah tangga (PRT) asal Kamboja yang bekerja untuk pasangan tersebut.

Star Malaysia melaporkan pada akhir pekan bahwa pasangan itu sebelumnya masing-masing hanya divonis 24 tahun penjara. Namun, jaksa penuntut mengajukan banding dan hakim di tingkat banding memperberat hukuman mereka menjadi hukuman mati.

PRT itu ditemukan dalam kondisi mengenaskan saat pihak berwenang mencoba menyelamatkan nyawanya. Berat badannya hanya 26,1 kg ketika ditemukan. Sayangnya, nyawanya tidak terselamatkan.

Hasil visum menunjukkan PRT berusia 29 itu mengalami cedera di sekujur tubuhnya dan menderita peritonitis akut karena pengaruh luka lambung akibat tidak diberi makan.

Korban sempat mengeluh kepada agennya bahwa dia tidak diberi cukup makan selama tujuh bulan bekerja dengan majikannya itu.

Chin terduduk lemas, shock, dan memeluk suaminya sambil menangis ketika mendengar vonis hakim. Suaminya terlihat diam.

Pasangan itu berencana untuk mengajukan banding atas vonis tersebut. Pengacara mereka mengatakan, Soh seharusnya dibebaskan karena dia jarang berada di rumah dan sibuk berbisnis ikan arwana di luar kota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.