Kompas.com - 30/10/2015, 11:26 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com — Angkatan Laut AS menerbangkan empat jet tempur F/A-18 untuk mencegat pesawat Rusia yang terbang di dekat kapal induk AS di Semenanjung Korea.

Juru bicara Gedung Putih mengatakan bahwa pesawat Rusia terbang dekat USS Ronald Reagan pada saat latihan militer gabungan dengan Korea Selatan.

Josh Earnest mengatakan bahwa peristiwa tersebut "tidak berujung pada konfrontasi yang signifikan".

Hubungan Rusia-AS tengah menegang, terutama karena konflik di Ukraina timur dan Suriah.

Earnest mengatakan bahwa ada "ketidaksepakatan yang kuat" antara dua negara tersebut, tetapi kondisi itu tidak mencerminkan kejadian pada Perang Dingin.

Pejabat AL AS mengatakan kepada Reuters bahwa dua pesawat Rusia Tu-142 Bear terbang dalam jarak beberapa mil laut dari kapal Reagan.

Peristiwa itu terjadi di perairan internasional di Laut Jepang pada Rabu (28/10/2015), demikian pernyataan Gedung Putih.

Pesawat militer Korea Selatan terlebih dahulu mencegat pesawat Rusia tersebut sebelum pesawat jet Amerika Serikat mengawalnya keluar dari kawasan.

Peristiwa ini terjadi beberapa hari setelah kapal Angkatan Laut AS membuat marah Pemerintah China dengan berlayar di dekat pulau buatan yang dibangun Beijing di perairan Laut China Selatan yang tengah menjadi perdebatan.

Panglima Angkatan Laut China dan Amerika Serikat berbicara lewat video pada Kamis (29/10).

Panglima AS John Richardson dan panglima China Admiral Wu Shengli membicarakan pentingnya menjaga dialog.

Patroli oleh USS Lassen pada Selasa dilihat sebagai upaya menantang klaim teritorial China di Spratly, langkah yang banyak mendapat perlawanan dari negara-negara lain di kawasan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.