Kompas.com - 13/10/2015, 21:15 WIB
EditorFarid Assifa
MYANMAR, KOMPAS.com - Seorang perempuan Myanmar ditangkap setelah berkomentar di Facebook atas seragam baru Panglima Angkatan Bersenjata, Jenderal Min Aung Hlaing.

Banyak pengguna internet yang berpendapat bahwa warna seragam baru itu sama dengan sarung yang digunakan pemimpin oposisi, Aung San Suu Kyi.

Dalam pesan Faebook miliknya, Chaw Sandi Tun mengatakan bahwa panglima sebaiknya mengenakan sarung untuk dililitkan di kepalanya.

"Jika Anda begitu cinta Ibu Suu, kenapa Anda tidak melilit sarungnya di kepala Anda," tulisnya.

Wartawan BBC di Yangon, Jonah Fisher, melaporkan bahwa komentar itu dianggap sebagai penghinaan besar dalam budaya Myanmar, dan tentara sudah menyampaikan pengaduan ke polisi.

Hari Senin (12/10/2015) Chaw Sandi Tun kemudian ditangkap polisi

Chaw Sandi diperkirakan akan didakwa dengan fitnah berdasarkan Undang-undang Transaksi Elektronik di negara itu.

Tentara Myanmar saat ini sedang melakukan upaya perubahan citra dan salah satunya dengan seragam baru dengan warna hijau yang lebih ringan, seperti ditampilkan oleh foto Min Aung Hlaing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.