Kompas.com - 13/10/2015, 11:02 WIB
EditorEgidius Patnistik
RIYADH, KOMPAS.com — Raja Arab Saudi menolak usulan agar negaranya menyerahkan penyelenggaraan haji kepada negara-negara Islam, menyusul peristiwa berjejalan di Mina yang menewaskan lebih dari 1.480 orang bulan lalu.

Raja Salman mengatakan, dirinya tidak akan membiarkan "tangan tersembunyi" yang memolitisasi tragedi Mina dan memecah belah umat Islam.

"Pernyataan yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan untuk mengeksploitasi peristiwa Mina dari kacamata politik... Ini tidak akan memengaruhi peran, tugas, dan tanggung jawab Arab Saudi dalam melayani tamu Allah," kata Raja Salman dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh pejabat Saudi Press Agency.

Sebelumnya, seorang ulama Iran telah menyerukan agar penyelenggaraan haji harus dikelola oleh negara-negara Islam lainnya.

Dianggap gagal

Tuntutan ini disuarakan setelah lebih dari 1.480 anggota jemaah haji meninggal dunia akibat terinjak-injak di Mina. Demikian kesaksian seorang pejabat asing.

Para pemimpin Iran telah menuduh Arab Saudi gagal dan melakukan tindakan bodoh terkait peristiwa tersebut.

Mereka kemudian menyerukan kehadiran badan independen untuk mengawasi penyelenggaraan haji.

Peristiwa Mina diyakini telah menewaskan sedikitnya 1.480 anggota jemaah. Demikian menurut laporan resmi dari negara-negara yang warganya menjadi korban.

Iran menyebut 464 warganya meninggal akibat peristiwa itu, sementara warga Mesir 177 jiwa.

Pemerintah Arab Saudi menyebut korban meninggal akibat peristiwa Mina adalah 769 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.