Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musibah Mina Membuat Raja Saudi Tinjau Kembali Penyelenggaraan Haji

Kompas.com - 25/09/2015, 06:00 WIB
MEKKAH, KOMPAS.com — Penguasa Arab Saudi, Raja Salman, memberikan keterangan pers terkait musibah di Mina, Kamis (24/9/2015). Raja Salman menyampaikan dukacita yang mendalam dan menyatakan akan melakukan review atau peninjauan kembali terkait pelaksanaan ibadah haji.

Menurut kantor berita Al Arabiya, Raja Salman ingin ada peninjauan kembali dalam perencanaan rangkaian ibadah haji. Ia juga menyatakan perlunya investigasi yang mendalam terkait musibah yang memilukan tersebut.

Sementara itu, Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Mayor Jenderal Mansour al Turki menyebut musibah itu disebabkan karena adanya jemaah haji dalam jumlah yang banyak mendatangi lokasi kejadian, jumlah itu melebihi tahun sebelumnya.

Investigasi yang akan dilakukan, menurut Turki, adalah dengan mencari penyebab pertemuan jemaah haji dalam jumlah banyak itu, lalu mengapa mereka berhenti hingga akhirnya terjadi aksi dorong-dorongan yang mengakibatkan lebih dari 700 jemaah tewas terinjak-injak.

"Alasan (jemaah haji berhenti) itu kami belum tahu," dalam konferensi pers di Mina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com