Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Hongaria: Pengungsi Ancam Perbatasan Eropa

Kompas.com - 22/09/2015, 13:45 WIB
HONGARIA, KOMPAS.com — PM Hongaria mengatakan bahwa perbatasan Eropa terancam oleh banjir pengungsi dan menuding para pengungsi telah "menjebol pintu-pintu" Eropa.

Para menteri Polandia, Hongaria, Ceko, dan Slowakia bertemu untuk membahas rancangan ketetapan yang mereka tolak tentang kuota penyebaran pengungsi.

Sejumlah negara anggota Uni Eropa menginginkan agar para pengungsi disebar lebih merata.

Jerman dan Perancis termasuk dua negara yang sangat mendukung rancangan ketetapan untuk membagi beban penempatan pengungsi yang masuk Eropa lewat Yunani, Italia, dan Hongaria.

"Mereka menggilas kita," kata PM Hongaria Victor Orban. "Mereka tak sekadar menggedor, tetapi juga menjebol pintu-pintu kita."

"Perbatasan-perbatasan kita tengah terancam. Hongaria sedang berada di bawah ancaman, begitu pula seluruh Eropa," kata PM Orban, beberapa saat sebelum parlemen Hongaria mengesahkan undang-undang yang memberi kekuasaan tambahan kepada militer dalam menangani pengungsi.

Undang-undang baru itu memberi kewenangan kepada tentara Hongaria untuk menggunakan peluru karet, gas air mata, dan senapan pelepas jaring untuk menangani para pengungsi di perbatasan-perbatasannya. Dilaporkan kantor berita Agence France-Presse, polisi juga akan mendapat kewenangan memasuki rumah-rumah penduduk untuk mencari orang yang mereka anggap memasuki negeri itu secara ilegal.

Selasa (22/9/2015) ini para menteri hukum dan menteri dalam negeri negara-negara Uni Eropa akan berunding di Brusel, untuk membahas dan mengambil keputusan tentang ke mana -dan bagaimana para pengungsi itu ditempatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com