Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Kirim Anjing Terlatih untuk Bantu Penyandang Tunanetra di Jepang

Kompas.com - 21/09/2015, 18:15 WIB
QUEENSLAND, KOMPAS.com — Anjing-anjing yang mendapat pelatihan di Queensland, Australia, ternyata mendapat banyak minat dari mancanegara karena mereka sangat membantu para penyandang tunanetra dalam kehidupan sehari-hari.

Guide Dogs Queensland baru-baru ini mengirim empat ekor anjing ke Jepang setelah organisasi tersebut mendapat bantuan dana.

Guide Dogs Queensland mengambil bagian setelah badan serupa di Jepang, The Japan Services Association, tidak memiliki dana cukup guna menyediakan anjing bagi para penyandang tunanetra.

Direktur Eksekutif Guide Dogs Queensland, Barb Tasker, mengatakan, minat dari Jepang itu muncul setelah perwakilan mereka dari Jepang mengunjungi markas besar di Brisbane.

"Kami mengajukan permintaan bantuan dari Australian Japan Foundation guna membantu mitra kami di luar negeri," kata Tasker.

"Kami beruntung mendapatkan dana 17.000 dollar Australia (sekitar Rp 170 juta) yang diigunakan untuk membesarkan dan mengirim anjing-anjing itu ke Jepang," katanya.

Sebelumnya, Jepang sudah mendatangkan anjing pemandu dari Hawaii, Selandia Baru, dan tempat lain di Australia.

Anjing-anjing ini dikirim ke Jepang ketika baru berusia mingguan, dan dilatih di sana sebelum kemudian ditempatkan bersama para penyandang tunanetra yang memerlukannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com