Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Kuba, Paus Fransiskus Temui Fidel Castro

Kompas.com - 21/09/2015, 17:07 WIB
KUBA, KOMPAS.com — Paus Fransiskus berkhotbah di hadapan puluhan ribu umat yang memadati Lapangan Revolusi di ibu kota Kuba itu.

“Umat Kristen selalu diimbau agar mengesampingkan niat dan kehendak sendiri, keinginan berkuasa, dan sebaliknya memusatkan perhatian pada orang-orang paling rentan,” katanya.

“Kita semua diminta, bahkan didesak, oleh Yesus agar saling mengasihi dan tidak menghakimi tetangga kita.”

Paus juga singgah ke rumah mantan diktator Kuba Fidel Castro di Havana. Didampingi keluarga Castro, kedua orang itu bertemu dalam apa yang disebut Vatikan sebagai suasana yang sangat informal dan ramah. Mereka juga bertukar hadiah buku.

Paus juga dijadwalkan bertemu Presiden Raul Castro, adik Fidel; melangsungkan doa malam dengan sejumlah pendeta; dan berbicara di hadapan kaum muda di sebuah pusat kebudayaan.

Paus dan Vatikan ikut berperan dalam negosiasi berbulan-bulan antara Kuba dan Amerika tahun lalu, yang menghasilkan normalisasi hubungan diplomatik kedua negara setelah 53 tahun. Amerika dan Kuba telah membuka lagi kedutaan besar mereka di Havana dan Washington.

Ini adalah kunjungan ketiga seorang paus ke Kuba sejak Paus Yohanes Paulus tahun 1998 dan Paus Benediktus tahun 2012.

Dari Kuba, Fransiskus akan menuju Amerika di mana ia dijadwalkan bertemu Presiden Barack Obama, berpidato di hadapan Kongres, dan berbicara dalam sidang tahunan Majelis Umum PBB di New York. [th/ii]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com