Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlalu Gemuk, 125 Awak Kabin Air India Akan Dipecat

Kompas.com - 15/09/2015, 08:52 WIB
KOMPAS.com — Maskapai penerbangan India, Air India, berencana memberhentikan 125 pramugari dan awak pesawat karena dianggap terlalu gemuk untuk bekerja di pesawat.

Beberapa laporan menunjukkan, mungkin beberapa di antara para pegawai ini akan dipindahkan untuk bekerja di bandar udara sebagai staf darat atau ditawarkan untuk pensiun dini.

Seorang pejabat Air India mengatakan kepada BBC bahwa keputusan ini diambil berdasarkan panduan indeks massa tubuh (IMT) yang dikeluarkan badan penerbangan sipil pada tahun lalu.

Ia menjelaskan, Air India sudah mengeluarkan permintaan supaya 600 awak pesawat menurunkan berat badan. Namun, 125 orang di antaranya gagal mencapai berat badan yang diminta.

"Para pegawai ini sudah kami beri waktu selama 18 bulan untuk memenuhi indeks massa tubuh yang ideal, tetapi mereka gagal. Jadi, kami tak punya pilihan lain, kecuali mengganti mereka," kata seorang pejabat Air India, seperti dikutip kantor berita India, PTI.

Ia juga mengatakan soal munculnya kekhawatiran bahwa awak kabin yang terlalu gemuk tidak akan bisa beroperasi secara efektif dalam keadaan darurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com