Kompas.com - 15/09/2015, 08:52 WIB
EditorEgidius Patnistik
KOMPAS.com — Maskapai penerbangan India, Air India, berencana memberhentikan 125 pramugari dan awak pesawat karena dianggap terlalu gemuk untuk bekerja di pesawat.

Beberapa laporan menunjukkan, mungkin beberapa di antara para pegawai ini akan dipindahkan untuk bekerja di bandar udara sebagai staf darat atau ditawarkan untuk pensiun dini.

Seorang pejabat Air India mengatakan kepada BBC bahwa keputusan ini diambil berdasarkan panduan indeks massa tubuh (IMT) yang dikeluarkan badan penerbangan sipil pada tahun lalu.

Ia menjelaskan, Air India sudah mengeluarkan permintaan supaya 600 awak pesawat menurunkan berat badan. Namun, 125 orang di antaranya gagal mencapai berat badan yang diminta.

"Para pegawai ini sudah kami beri waktu selama 18 bulan untuk memenuhi indeks massa tubuh yang ideal, tetapi mereka gagal. Jadi, kami tak punya pilihan lain, kecuali mengganti mereka," kata seorang pejabat Air India, seperti dikutip kantor berita India, PTI.

Ia juga mengatakan soal munculnya kekhawatiran bahwa awak kabin yang terlalu gemuk tidak akan bisa beroperasi secara efektif dalam keadaan darurat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.