Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersangka Utama Bom Bangkok Dikabarkan Berada di Turki

Kompas.com - 15/09/2015, 03:05 WIB
KOMPAS.com - Kepolisian Thailand mengatakan seorang tersangka utama peledakan bom di sebuah kuil di ibu kota negara itu bulan lalu diketahui sudah masuk ke Turki.

Juru bicara Kepolisian Thailand Prawut Thavornsiri mengatakan berdasarkan informasi yang dihimpun kepolisian negara itu dan pejabat Bangladesh, tersangka Abudusataer Abudureheman meninggalkan bandar udara Bangkok malam sebelum ledakan pada 17 Agustus.

Dengan menggunakan paspor China, ia terbang ke Bangladesh. Pihak berwenang Bangladesh mengatakan berdasarkan catatan keimigrasian, Abudureheman atau juga dikenal dengan nama Izan bertolak ke India dua minggu berikutnya.

Dikatakan oleh Thavornsiri, Abudureheman dari Provinsi Xinjiang itu kemudian melanjutkan perjalanan dari New Delhi, melewati Abu Dhabi dengan tujuan Istanbul, Turki.

Ia adalah pelaku kedua dari Xinjiang yang dijadikan tersangka dalam pengeboman yang menewaskan 20 orang. Yang pertama ditangkap di perbatasan Thailand-Kamboja awal bulan ini.

Untuk melacak tersangka, Thailand mengaku sudah memberitahu Kedutaan Turki di Bangkok.

Sebelumnya, Kepolisian Malaysia menangkap tiga orang terkait ledakan di kuil di ibu kota Thailand itu. Mereka adalah dua warga negara Malaysia dan seorang warga Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com