Kompas.com - 09/09/2015, 10:34 WIB
EditorEgidius Patnistik
LOS ANGELES, KOMPAS.com — Para penumpang penerbangan British Airways dievakuasi pada Selasa (8/9/2015) waktu AS setelah salah satu mesin pesawat terbakar ketika tengah lepas landas di Las Vegas. Pesawat Boeing 777 itu awalnya akan terbang menuju London.

"Ada 159 penumpang dan 13 awak pada penerbangan itu," kata pihak Bandara Internasional McCarran di Las Vegas. "Dua orang dilarikan karena menderita luka ringan."

Pihak Boeing dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa mengatakan, "Kami sudah tahu tentang insiden di Bandara McCarran di Las Vegas. Saat ini, tim kami sedang mengumpulkan informasi lebih lanjut."

Badan Penerbangan Federal AS atau FAA mengatakan, kebakaran yang terjadi di mesin kiri pesawat itu mendorong para awak membatalkan proses lepas landas. "Para penumpang keluar dari pesawat di landasan pacu dengan menggunakan perosotan darurat, lalu diangkut dengan bus ke terminal," kata juru bicara FAA, Ian Gregor, kepada kantor berita AFP.

Dia mengatakan, belum jelas mengapa Boeing 777 berkapasitas 272 kursi yang akan menuju Bandara Gatwick di London itu terbakar.

Para penumpang digambarkan panik. Salah seorang saksi mengatakan kepada CNN, "Kami mendengar banyak orang berteriak."

Sejumlah penumpang mem-posting video dan foto yang menunjukkan gumpalan asap dan api melanda pesawat. "Baru saja dievakuasi dari pesawat #BA2276 kami yang entah bagaimana bisa terbakar, omg," kata penumpang bernama Dominic Worthington di Twitter.

Paul Berberian, penumpang yang naik pesawat lain yang berada di landasan pada saat kejadian, menjelaskan bahwa dia menyaksikan saat pesawat British Airways itu terbakar. Sebuah video yang diambil Berberian dan ditayangkan di CNN menunjukkan para penumpang turun melalui perosotan evakuasi dan melarikan diri di landasan saat kendaraan darurat bergegas ke lokasi untuk memadamkan api.

"Kami semua terpaku di sisi pesawat, menyaksikan peristiwa ini," kata Berberian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.