Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat British Airways Terbakar Saat Lepas Landas

Kompas.com - 09/09/2015, 10:34 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com — Para penumpang penerbangan British Airways dievakuasi pada Selasa (8/9/2015) waktu AS setelah salah satu mesin pesawat terbakar ketika tengah lepas landas di Las Vegas. Pesawat Boeing 777 itu awalnya akan terbang menuju London.

"Ada 159 penumpang dan 13 awak pada penerbangan itu," kata pihak Bandara Internasional McCarran di Las Vegas. "Dua orang dilarikan karena menderita luka ringan."

Pihak Boeing dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa mengatakan, "Kami sudah tahu tentang insiden di Bandara McCarran di Las Vegas. Saat ini, tim kami sedang mengumpulkan informasi lebih lanjut."

Badan Penerbangan Federal AS atau FAA mengatakan, kebakaran yang terjadi di mesin kiri pesawat itu mendorong para awak membatalkan proses lepas landas. "Para penumpang keluar dari pesawat di landasan pacu dengan menggunakan perosotan darurat, lalu diangkut dengan bus ke terminal," kata juru bicara FAA, Ian Gregor, kepada kantor berita AFP.

Dia mengatakan, belum jelas mengapa Boeing 777 berkapasitas 272 kursi yang akan menuju Bandara Gatwick di London itu terbakar.

Para penumpang digambarkan panik. Salah seorang saksi mengatakan kepada CNN, "Kami mendengar banyak orang berteriak."

Sejumlah penumpang mem-posting video dan foto yang menunjukkan gumpalan asap dan api melanda pesawat. "Baru saja dievakuasi dari pesawat #BA2276 kami yang entah bagaimana bisa terbakar, omg," kata penumpang bernama Dominic Worthington di Twitter.

Paul Berberian, penumpang yang naik pesawat lain yang berada di landasan pada saat kejadian, menjelaskan bahwa dia menyaksikan saat pesawat British Airways itu terbakar. Sebuah video yang diambil Berberian dan ditayangkan di CNN menunjukkan para penumpang turun melalui perosotan evakuasi dan melarikan diri di landasan saat kendaraan darurat bergegas ke lokasi untuk memadamkan api.

"Kami semua terpaku di sisi pesawat, menyaksikan peristiwa ini," kata Berberian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com